Selasa, 28 April 2009

Jalan Jalan Ke Proyek Dam Ponre Ponre Nyok.

Jalan Jalan Merupakan Suatu Hal sangat Mengasikan,terutama bagi mereka yang suka acara di luar rumah.Apalagi Acara Jalan jalanya dilakukan di akhir pekan setelah beberapa Hari harus berjuang dengan kerjaan atau urusan yang lainnya.Kepala Pusing,Stress,Pokoke yang penting ngilangin penat deh.
Biasanya Orang orang Jakarta Jalan jalannya ke Puncak Pas,Ancol,TMII,dsb.Kalo tempat Vaforit di Makassar Misalnya Pantai Losari,Bantimurung,Malino.
Nahhh disini Aye Mo Ajak Jalan jalan temen temen nih ke suatu tempat.Sebelomnya Aye mo kasih Tau deh Nama Tempatnya yaitu,Desa Ponre Ponre Kecamatan Libureng,Kabupaten Bone,Sulawesi Selatan.Mungkin sebagian temen temen dah ada yang tau tempatnya,Betul Proyek Dam Ponre Ponre .



Kenal kan dengan Bapak Mentri kita yang ini.Yup dia Adalah Bapak Joko Kirmanto.Selaku Menteri PU di negara kita,wahhhh maklum lah anak anak sekarang ga da yang tau nama nama menteri negara kita ,la wong lom setahun aja menterinya dah di ganti dengan yang lain,Kalo dulu selama 5 tahun ya itu itu aja,makanya anak anak dulu tuh nama menterinya hapal di luar kepala.eeeeeeeeee.Dalam Peletakan Batu Pertama yaitu pada tahun 2005 Proyek Dam Ponre Ponre ini,Pak Joko di temenin sama Gubernur Sul Sel.


Ini adalah Foto pelaksanaan Galian Dam Utama.
Dalam Masa pembangunannya banyak sekali kendala kendala Alam yang harus di selesaikan Oleh para pekerja,misalnya kondisi bukit yang terjal,belom lagi kalo berurusan dengan tawon Hutan.Kalo dah di sentut bisa bisa pingsan orang di buat nya,kaya Temen saya Mas Warno asli orang Malang Beliau adalah Surveyor kami di proyek ini.Dibuat tak sadarkan diri oleh kumpulan para Tawon.Habiissss tidak ada tempat lagi tuk kehidupannya.
Pada masa pelaksanaannya Banyak Melibatkan Alat Alat Berat dari Perusahaan Aye,Kaya Excavator Kobelko yang Jenis SK.330 ,SK.000,Buldozer D 85 SS ,Buldozer D 8 E,Vibro Sakai,belom dari Dumptruck nya.Disinilah nanti Dam Utama itu akan di bangun untuk membendung air.

Nah Tuh Liat Alat berat di atas Bukit.Makanya di butuhkan suatu Keahlian,dan Extra Kehati hatian.Dan Tak Jarang juga di proyek ini terkendala dengan keadaan Batu yang sangat Keras.Makanya Kita dalam proyek ini banyak menggunakan BOM.Temen temen jangan Takut dulu dengan BOM BOM disini.Aman Kok,karena dalam Pelaksanaannya Juga banyak melibatkan jajaran dalam hal ini seperti dari KEPOLISIAN,dan para Ahli dalam Bidang Blasting.
Aye akan Kasih tau nih Foto dalam keadaan proses Pengebomannya atau dalam istilah Tehknik Yaitu Blasting.

Memang Pada saat sekarang ini banyak sekali BOM BOM banyak di salah Gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan ingin mengacaukan keadaan Perdamainnya seluruh Dunia.Makanya Aye pesen deh,kalo temen temen Mempunyai keahlian dalam bidang pengeboman mendingan ngelamar kerja aja di pertambangan,jangan di salah gunakan ilmunya yah.

Kalo yang satu ini adalah terowongan atau dalam bahasa tekhnik Divertion Tunnel. Kalo terowongan ini di Buat didalam Bukit Lo.Mungkin temen- temen ada yang bertanya,kenapa yah bisa ada airnya?nah itu dia.Fungsi utama dari Divertion Tunnel adalah sebagai tempat pengalihan Aliran Sungai yang akan di bendung selama proses pembuatan Structur DAM Utama.Mau tau kan Proses pembuatan Terowongan atau Divertion Tunnel.
Tapiiii,,kalo temen temen mau masuk terowongan itu ga sembarangan bisa masuk.Karena dalam Proyek itu ada istilah Safety atau perlengkapan keselamatan yang harus di patuhi.


Nah Tuh Liat Temen temen pekerja Aye,semuanya pake perlengkapan Safety.Mulai dari Helm,Rompi,Sepatu,dan alat alat keselamatan yang lainnya.Kalo Ga pake perlengkapan Safety ga boleh orang masuk di ke dalam terowongan,karena sangat berbahaya.




Open cut Tunnel




Suasana Setelah Peledakan Tunnel




Pembersihan dari sisa sisa Tanah untuk persiapan pengecoran



Suasana Proses Pembesian Tunnel.



Nah,kalo yang ini Namanya Grouting,atau Kalo aye artikan sih untuk mengisi celah celah antara concrete dengan tanah aslinya.supaya rapet gitu.
Kayaknya untuk Terowongan udah kali yah,dah paham kan tentang terowongan atau divertion Tunnel.
Sekarang kita ke Proses Pengurugan Dam nyok.Tapi....DI Jalan jalan ke Proyek Dam Ponre ponre bagian
2 yahhh....

Sampai Jumpa Kembali.




















Tidak ada komentar: